10 Akibat Tubuh Kekurangan Kolagen


10 Akibat kekurangan kolagen bagi tubuh – Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap insan. Tak peduli jenis kelamin dan usia. Jika badan sehat, maka seluruh aktivitas dapat kita lakukan dengan baik.

Namun, menjaga kesehatan tentu tidak hanya dengan berolahraga, melainkan juga dengan mengatur asupan gizi. Gizi yang seimbang dapat membantu tubuh tetap sehat. Sebaliknya, asupan yang salah, bisa berdampak buruk pada tubuh, yakni menurunnya daya tahan tubuh atau imun. Kalau sudah begini, tubuh sangat mudah terserang penyakit.

10 Akibat Tubuh Kekurangan Kolagen

Kolagen merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Bahkan jumlahnya tidak sedikit. Sebagai salah satu jenis protein, kolagen bahkan menyumbang 30% dari total protein yang ada di dalam tubuh.

Sumber Kolagen

Mungkin banyak yang tidak asing dengan kolagen. Bagi wanita, zat ini dikenal sangat baik untuk kecantikan, seperti untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, kuku dan rambut. Padahal, fungsi kolagen tidak sebatas itu. Kolagen sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat yang membantu produksi asam amino, pembentukan otot, tulang, gigi dan persendian, membantu penyerapan kalsium, menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar serta menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

Sebenarnya, tidak sulit bagi kita untuk memperoleh makanan yang banyak mengandung kolagen. Kita dapat menemukannya di sekitar kita sepanjang tahun, tanpa harus menunggu musim tertentu. Sumber-sumber makanan yang banyakmengandung kolagen antara lain adalah:

Buah-buah

Sangat mudah untukmencari buah-buahan yang mengandung kolagen. Carilah buah-buahan yang mengandung vitamin C serta buah-buahan yang termasuk antioksidan. Buah-buahan tersebut yakni jeruk, apel, wortel, kiwi, lemon, anggur, pepaya, strawberry, jambu merah, jambu monyet dan tomat.

Khusus tomat, buah ini sangat baik untuk tubuh dalam kaitannya dengan kolagen.pasalnya, zat lycopene yang dikandungnya, dapat melawat kolagenase. Kolagenase merupakan enzim yang bisa menghancurkan senyawa kolagen dalam tubuh.

Sayur-sayuran

Sama dengan buah-buahan. Jika kita ingin mengkonsumsi kolagen. Carilah sayuran yang mengandung vitamin C serta K. Sayuran yang masuk dalam kategori ini pun mudah didapat, seperti bayam, brokoli, terong, paprika, kubis, bawang putih serta asparagus.

Kedelai

Mengkonsumsi produk yang berasal dari kedelai, merupakan cara lain dalam memenuhi kebutuhan kolagen tubuh. Karena itulah, sangat baik jika kita rajin mengkonsumsi tahu, tempe, susu kedelai maupun keju.

Ikan

Beberapa ikan mengandung O-Mega 3, khususnya yang berasal dari laut, juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kolagen tubuh. Adapun ikan yang mengandung O-Mega 3 yakni makarel, tuna dan salmon. Kacang kenari maupun telur juga mengandung O-Mega 3. Karena itu,kacang kenari dan telur juga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kolagen di dalam tubuh.

Akibat Kekurangan Kolagen

Seperti dibahas di awal, asupan gizi haruslah seimbang. Jika tidak, maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Begitupun dengan asupan kolagen pada tubuh. Jika kekurangan, maka akibat kekurangan kolagen dapat berdampak buruk bagi tubuh. Inilah sepuluh akibat kekurangan kolagen:

1. Sistem Kekebalan Tubuh Terganggu

Keseimbangan asupan gizi sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebagai salah satu jenis protein, asupan kolagen pun tidak boleh kurang. Jika terjadi, maka akibat kekurangan kolagen dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

2. Terhambatnya Peredaran Darah

Apabila asupan kolagen pada tubuh kurang, akan mendorong tingginya kadar kolesterol dalam darah. Jika ini sampai terjadi, maka akibat kekurangan kolagen peredaran darah dapat terhambat. Ini sangat berbahaya. Pasalnya, dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang dapat berujung pada stroke.

3. Sistem Pencernaan Terganggu

Akibat kekurangan kolagen dalam tubuh akan mengakibatkan sistem pencernaan terganggu. Jika ini terjadi, maka kita akan mengalami gangguan pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan kembung.

4. Sistem Persendian Terganggu

Sebagai salah satu “penjaga” kesehatan sendi, maka akibat kekurangan kolagen dapat berupa gangguan persendian. Sendi akan terasa nyeri jika digerakkan. Disamping juga akan menyebabkan rematik.

5. Gangguan Mata

Mata yang sehat, salah satunya disebabkan karena asupan kolagen yang baik. Jika tidak, maka akibat kekurangan kolagen dapat membuat mata sulit melihat di malam hari atau rabun senja. Taksebatas itu. Akibat kekurangan kolagen, pembuluh mata akan memerah serta mata akan terasa kering.

6. Sistem Reproduksi Terganggu

Jangan anggap remeh asupan kolagen bagi tubuh. Pasalnya, kekurangan zat ini, dapat berakibat tidak baik bagi sistem reproduksi. Untuk wanita, akibat kekurangan kolagen dapat membuat menstruasi tidak lancar. Adapun bagi laki-laki, bisa lebih fatal, yakni mengakibatkan ejakulasi dini hingga impotensi. Untuk wanita, kekurangan kolagen tak hanya menggagu sistem reproduksi, melainkan juga dapat mengakibatkan kanker payudara.

7. Gangguan Kulit

Seperti dikatakan di awal, jika kolagen sangat baik untuk kesehatan kulit. Karena itu, akibat kekurangan kolagen, kulit akan mengalami beberapa gangguan, seperti kulit menjadi kering, mudah mengelupas, pembesaran pembuluh darah pada kulit, kulit menjadi keriput, terjadi pigmentasi serta lambatnya penyembuhan luka di kulit.

8. Kuku Mudah Rapuh

Tak hanya mengganggu kesehatan kulit, akibat kekurangan kolagen juga berdampak pada kesehatan kuku. Kuku akan mudah rapuh. Selain itu, permukaan kuku akan menjadi tidak rata serta timbul bintik-bintik putih.

9. Gangguan Kesehatan Mulut

Setiap orang pastinya tidak nyaman jika memiliki masalah dengan bau mulut. Hal ini membuat kita tidak percaya diri dalam berinteraksi. Kondisi ini dapat kita hindari jika asupan kolagen dalam tubuh kita sudah cukup. Akibat kekurangan kolagen pada mulut tak hanya membuat bau mulut, melainkan juga sariawan serta gusi mudah berdarah.

10. Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut Terganggu

Akibat kekurangan kolagen, membuat kesehatan rambut terganggu. Rambut akan mudah rontok serta sulit untuk tumbuh dengan baik. Tak hanya itu, kulit kepala akan berketombe jika kekurangan kolagen.

Belum ada Komentar untuk "10 Akibat Tubuh Kekurangan Kolagen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel