Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Sehatgayaku.com - 10 Bahaya Kekurangan Magnesium Bagi Tubuh. Magnesium adalah salah satu nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia pada dasarnya tidak dapat memproduksi magnesium sendiri, sehingga magnesium dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. 

Sumber makanan alami yang mengandung magnesium seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, telur daging dan juga susu. magnesium paling banyak disimpan di dalam tulang dan berfungsi membuat tulang menjadi kuat.

10 Bahaya Kekurangan Magnesium Bagi Tubuh
Magnesium
Manfaat magnesium bagi tubuh lainnya antara lain menjaga fungsi otot dan saraf tubuh agar berfungsi normal tanpa adanya gangguan. Selain itu fungsi magnesium juga untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Tubuh memerlukan magnesium sekitar 250-350 mg  perharinya.

Selain dari makanan alami, anda juga dapat memperoleh tambahan magnesium dari suplemen khusus. Namun anda harus mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung magnesium berdasarkan resep dokter agar tidak salah dosisnya. Untuk orang yang memiliki riwayat sakit ginjal dianjurkan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi magnesium.

Ketika tubuh kekurangan magnesium gejala yang pertama akan dirasakan adalah terasa sakit didaerah leher dan punggung, sering cemas dan kelelahan, migren, kejang, nafsu makan berkurang, muntah, mual,dan  diare. 

Setelah mengalami gejala tersebut bila anda terus-terusan dalam keadaan kekurangan magnesium maka hal tersebut tentu tidak akan baik untuk tubuh anda. berikut 10 bahaya kekurangan magnesium bagi tubuh :

1. Cepat merasa lelah

Selain karbohidrat dan glukosa, magnesium juga memiliki peran yang sama pentingnya dalam pembentukan energy. Bagi anda yang sangat sibuk bekerja, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian anda agar tubuh tetap vit, tidak drop dan terhindar dari bahaya kekurangan magnesium.

2. Memperparah PMS (Pre Menstruasi Sindrom)

Saat sedang menstruasi tubuh wanita akan terasa pegal, capek dan nyeri di bagian pinggang. Keluhan ini dapat diperparah ketika anda kekurangan mengkonsumsi magnesium harian. Ketika sudah mencapai tanggal menstruasi anda setiap bulan sebaiknya makan makanan yang mengandung magnesium agar tubuh dapat terhindar dari bahaya kekurangan magnesium dan tetap bugar dalam melakukan aktifitas.

3. Mencegah osteoporosis

Magnesium yang terserap tubuh akan disimpan didalam tulang hal ini berguna untuk menguatkan tulang. Bahaya Kekurangan magnesium dalam tulang akan menyebabkan tulang menjadi kropos dan terserang penyakit osteoporosis ketika sudah berusia tua.

4. Mudah cemas

Bahaya Kekurangan magnesium akan mengakibatkan tubuh merasa kejang, kram otot, gelisah dan irama jantung yang tidak stabil. Hal ini akan menyebabkan tidur malam anda menjadi tidak nyenyak kemudian anda akan mulai terserang insomnia. Imsomnia adalah salah satu pemicu stress nomor satu. Ketika anda terserang bahaya kekurangan magnesium, tubuh akan menjadi mudah cemas akan merambat ke masalah-masalah kesehatan yang lain.

5. Mengurangi kemampuan indra pendengaran

Apa hubungannya kekurangan magnesium dengan indra pendengaran atau telinga kita? Ternyata bahaya kekurangan magnesium akan memberikan korelasi negatif terhadap kemampuan mendengar kita. Berdasarkan sebuah hasil studi di Negara China mengatakan bahwa magnesium yang kita konsumsi setiap harinya dapat membentuk suatu pertahanan bagi masuknya radikal bebas  kedalam telinga. Radikal bebas inilah yang akan mengganggu fungsi pendengaran kita.

6. Menyebabkan kram pada otot

Magnesium berfungsi untuk menjaga fungsi dan kinerja otot dalam tubuh. Bahaya Kekurangan magnesium akan menyebabkan terjadinya kram pada otot/ kejang. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium akan mengutamakan otot dan membuat sensasi rileks pada otot.

7. Menyebabkan penyakit aritmia

Seperti yang telah dijelaskan bahwa bahaya kekurangan magnesium dapat menyebabkan kram otot, salah satu otot yang dapat terkena kram adalah otot jantung, otot jantung yang mengalami kram inilah yang disebut dengan penyakit aritmia. Aritmia jantung dapat menyebabkan penyakit stroke ataupun serangan jantung.

8. Membentuk batu ginjal

Bahaya Kekurangan magnesium dapat membentuk batu kristal dalam ginjal. Batu ginjal ini harus dihancurkan dengan cara dioperasi tau dengan cara laser, fungsi magnesium sendiri pada dasarnya akan mengurangi pengikatan oksalat dan kalsium  yang merupakan kristal batu ginjal. Maka dari itu perbanyak konsumsi magnesium setiap harinya agar terhindar dari bahasa penyakit batu ginjal.

9. Menyebabkan penyakit darah tinggi

Magnesium dapat mengatur tekanan darah dalam tubuh. Apabila konsumsi kurang dari 200mg tiap harinya  orang tersebut lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi.

10. Menyebabkan depresi

Seperti yang telah dibahas diatas bahwa bahaya kekurangan magnesium akan menyebabkan tubuh menjadi mudah cemas, insomnia dan meningkatkan tekanan darah tinggi, selanjutnya kekurangan magnesium ternyata juga akan menyebabkan anda mengalami depresi. 

Menurut penelitian di amerika pada tahun 2015 ternyata magnesium memiliki kandungan antidepresan yang merupakan bahan alami untuk mengurangi depresi dan memperbaiki mood seseorang.


Banyak yang kurang mengetahui manfaat magnesium bagi tubuh, magnesium memang kalah pamor bila dibandingkan dengan mineral lain seperti kalsium atau zat besi. Padahal magnesium adalah salah satu mineral yang ditemukan paling banyak terkandung dalam tubuh manusia.

Bagian tubuh yang paling banyak mengandung magnesium adalah tulang dan gigi manusia.   Seperti yang telah dijelaskan diatas mengenai 10 bahaya kekurangan magnesium pada tubuh, tubuh yang kekurangan asupan magnesium harian akan menyebabkan penyakit-penyakit tersebut diatas.

Oleh karena itu alangkah lebih baik bila anda mulai meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya memenuhi kebutuhan magnesium harian anda sesuai dengan batas yang dianjurkan. Bila anda kelebihan mengkonsumsi magnesium tentu hasilnya juga tidak akan baik dalam tubuh malah akan menimbulkan masalah baru yang nantinya merugikan anda sendiri.

Leave A Reply

Super Admin

[name=Super Admin] [img=https://3.bp.blogspot.com/-IpcIcPquEko/XKQbwt4qI_I/AAAAAAAAAN8/9D_4QIt1vYEFcJBTR2LBRN-MnoRYfNXMwCK4BGAYYCw/s113/free-pic.png] [description=Blogger Juga Manusia yang Punya Hati] (facebook=https://www.facebook.com/nusantarablogger/)