10 Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi Secara Alami


10 Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi Secara Alami - Tubuh yang sehat akan membutuhkan banyak kandungan zat mineral. Jika tubuh kekurangan kandungan zat mineral maka akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Salah satu jenis zat mineral yang penting bagi tubuh adalah zat besi. Zat besi juga berfungsi sebagai pembawa oksigen menuju ke seluruh bagian tubuh. Banyak sekali cara mengatasi kekurangan zat besi.

10 Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi Secara Alami
Ilustrasi
Zat besi akan bekerja sama dengan protein untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika dalam  penyaluran oksigen dari paru-paru salah satu tidak ada, maka tidak akan bisa bekerja. Zat besi dan protein bertugas untuk menghasilkan hemoglobin dan juga menghasilkan myoglobin.

Jika tubuh mengalami kekurangan zat besi maka akan menimbulkan beragam gangguan pada kesehatan. Salah satu gangguan jika tubuh mengalami kekurangan zat besi adalah Anemia. Kondisi ini terjadi karena zat besi berperan penting dalam memproduksi hemoglobin atau  sel darah merah. Berikut ini beberapa cara mengatasi kekurangan zat besi :

1. Hati Sapi

Bagian dari sapi yang berguna untuk mengatasi kekurangan zat besi adalah pada hatinya. Memang hati sapi jika di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kadar kolesterol di dalam darah meningkat. Yang akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung, kanker dan juga stroke yang bisa menyebabkan kematian. Jika untuk di konsumsi penderita Anemia, hati sapi akan sangat bermanfaat. Selain memiliki rasa yang enak, di dalam hati sapi juga mengandung kadar zat besi untuk mengatasi kekurangan zat besi. Kandungan zat besi tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menambah produksi sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu hati sapi juga mengandung cobalamin atau vitamin B12 yang juga bertugas memproduksi sel darah merah.

2. Daging Kambing

Daging kambing juga memiliki kadar zat besi yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram daging kambing dapat menyumbang asupan zat besi sebesar 25% dari total keseluruhan. Daging kambing juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu produksi hemoglobin agar lebih produktif. Dengan demikian daging kambing sangat cocok untuk para penderita Anemia yang pada dasarnya kekurangan hemoglobin dalam tubuh dan mengatasi kekurangan zat besi. Namun  harus tetap memperhatikan dalam mengkonsumsi daging kambing. Untuk para penderita hipertensi, daging kambing akan menyebabkan tekanan darah mereka semakin tinggi dan akan berujung pada stroke atau juga serangan jantung.

3. Daging Sapi

Daging sapi juga merupakan salah satu sumber zat besi yang tinggi. Banyak orang beranggapan bahwa daging sapi menyebabkan banyak masalah pada tubuh terutama obesitas. Efek yang buruk tersebut akan terjadi jika kita tidak benar dalam mengkonsumsi daging sapi. Pengolahan yang pas dan aturan makan yang baik akan menghindarkan kita dari beragam efek yang buruk. Kadar zat besi di dalam daging sapi akan berperan aktif dalam memproduksi hemoglobin dan mengatasi kekurangan zat besi. Selain itu pada daging sapi juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan.

4. Ikan Sarden

Ikan Sarden adalah salah satu produk olahan ikan yang di olah menjadi ikan kaleng. Ikan sarden sendiri merupakan salah satu ikan hasil laut. Di dalam ikan sarden banyak sekali kandungan zat besinya yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan zat besi di dalam sarden sangat baik untuk menambah produksi hemoglobin di dalam tubuh dan mengatasi kekurangan zat besi. Tapi tetap perhatikan takaran dalam mengkonsumsi ikan sarden. Karena di dalam ikan sarden juga terdapat zat pengawet yang akan bahaya jika di konsumsi secara berlebihan.

5. Ikan Makarel

Ikan makarel merupakan salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di perairan Indonesia. ikan makarel banyak di olah menjadi ikan kaleng. Di dalam ikan makarel terdapat banyak kandungan omega 3 dan juga zat besi yang baik untuk mengatasi kekurangan zat besi.

6. Tiram

Tiram adalah salah satu jenis biota laut yang akan nikmat sekali jika di masak dengan tepat. Tiram banyak juga terdapat di perairan Indonesia. Dalam tiram terdapat kandungan zat besi sekitar 80% asupan zat besi yang di butuhkan tubuh dalam sehari. Ini akan sangat bermanfaat untuk yang mengatasi kekurangan zat besi.

7. Kepiting

Kepiting banyak kita di temukan di laut atau juga di air tawar. Walaupun terhitung memiliki daging yang sedikit, kepiting mengandung banyak sekali nutrisi seperti zat besi, seng, asam amino, fosfor. Kandungan zat besi tersebut akan sangat baik mengatasi kekurangan zat besi.

8. Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung nutrisi. Salah satu kandungan di dalam asparagus adalah zat besi. Dengan mengkonsumsi asparagus maka akan mengatasi kekurangan zat besi pada tubuh. Namun sayangnya asparagus tidak cocok dengan iklim di Indonesia sehinga masih jarang menemuinya.

9. Tomat

Tomat merupakan tanaman sering di gunakan sebagai tambahan dalam masakan atau juga sebagai obat. Tomat dapat di gunakan sebagai pengobatan karena di dalam tomat terkandung banyak sekali nutrisi. Tomat juga bersifat anti oksidan dengan kandungan likopennya. Selain itu di dalam tomat juga terdapat vitamin A dan zat besi. Dengan mengkonsumsi tomat, tubuh kita yang mengalami kekurangan zat besi bisa teratasi.

10. Alpukat

Alpukat adalah buah yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Alpukat bisa di buat jus atau juga sebagai campuran dalam salad. Di dalam alpukat terkandung zat besi yang cukup banyak yang baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa mengatasi kekurangan zat besi.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel