Pengertian, Sumber dan Fungsi Protein


Pengertian, Sumber dan Fungsi Protein - Protein merupakan salah satu zat penyokong tubuh manusia yang memiliki peran penting sebagai zat pembangun yang mendorong metabolisme dalam tubuh. Kebutuhan akan protein ini harus terpenuhi setiap harinya agar terhindar dari berbagai resiko yang berdampak pada kesehatan tubuh.
Pengertian, Sumber dan Fungsi Protein

Lebih Jauh Tentang Zat Protein

Kebutuhan akan protein ini harus terpenuhi setiap harinya agar terhindar dari berbagai resiko yang berdampak pada kesehatan tubuh. Untuk bisa mengetahui mengenai zat protein ini secara lebih rinci, berikut penjelasannya.

Pengertian protein

Pengertian protein yaitu senyawa organik komplek yang berbobot molekul besar dan terdiri atas asam amino yangsaling terhubungsatu dengan lainnya dengan ikatan peptide. Di dalam ilmu gizi, protein didefinisikan sebagai suatu bentuk kelompok makronutrisi sejenis asam amino dengan fungsi utama sebagai zat pembangun yang ikut berperan pentingmendorong metabolisme di dalam tubuh.

Protein yang didalamnya terkandung zatasam amino pada setiap molekulnya ini juga memiliki pengertiansebagai salah satu jenis biomolekul berukuran raksasa yang merupakan zat penyusun utama pada semua makhluk hidup di bumi. Di dalam protein berisikan berbagai zat penting seperti karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen bahkan sulfur beserta dengan fosfor.

Sumber Protein

Zat protein yang berguna sebagai sumber energi tubuh ini mampu menghasilkan zatnya sendiri dari dalam tubuh kita secara alami dan dapat juga bersumber dari berbagai asupan yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Oleh sebab itulah makanan yang kita makan harus mengandung kadar protein sesuai kebutuhan dalam tubuh kita tiap harinya.

Sumber protein untuk tubuh kita bisa didapatkan dari hewan maupun tumbuhan. Sumber protein yang berasal dari hewan disebut sebagai sumber protein hewani, sedangkan yang berasal dari tumbuhan disebut sebagai sumber protein nabati.

Protein hewani bisa diperoleh melalui asupan makanan berupa daging ternak, daging unggas, susu, keju, telur dan ikan. Sedangkan protein nabati dapat diperoleh dari jenis bji-bijian,  kacang-kacangan, produk kedelai sepertitahu, tempe, oncom, dan yang terakhir bisa juga dari berbagai macam produk olahan jamur.

Fungsi Protein

Pada manusia, zat yang ikut berperan menyumbang sebesar 20% bagian dari berat badan total yang dimilikinya ini dalam zatnya terdapat sekitar 100 trilyun sel yang masing-masing memiliki fungsi spesifiknya sendiri-sendiri. Fungsi protein secara spesifik tersebut memegang peranan utama di dalam proses pembentukan struktur, fungsi dan regulasi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup dan juga virus.

Masing-masing sel di tubuh manusia terdiri dari ribuan protein yang berbeda tetapi saling bekerjasama mengorganisir tiap sel agar mereka melakukan tugasnya masing-masing. Protein jugamerupakan neurotransmiter yang bertugas membawa serta mengedarkan oksigen yang terkandung dalam darah (hemoglobin) ke seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali.

Lebih Jauh Tentang Fungsi Protein

Selain fungsi-fungsi yang telah disebutkan diatas, berikut adalah fungsi protein secara lebih detail :

Mengatur dan menyeimbangkan jumlah kadar asam basa yang ada di dalam sel tubuh
Membentuk, memperbaiki serta mengganti sel dan jaringan tubuh yang telah rusak.
Mensintesis hormon tubuh kemudian membantu tugas sel-sel sebagai transmitter yang akan mengirim pesan dan mengkoordinasikan kegiatan tubuh kita.

Fungsi protein juga membantu membuat antibodi untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh
Berperan penting dalam membantu kegiatan kontraksi otot melalui sistem kerja dua jenis protein yaitu aktin dan myosin.

Membuat enzimyang akan memfasilitasi reaksi biokimia seperti mengikat hemoglobin dalam darah dan mengangkut serta mengedarkan oksigen melalui aliran darah. Protein yang tiap kandungan dalam kadar gramnya menghasilkan kalori sejumlah 4,1 kalori ini salah satu fungsi proteinnya yaitu digunakan sebagai cadangan dan sumber energi dalam tubuh.

Kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda tergantung pada usianya. Selain didasarkan pada usia, perbedaan tersebut juga ditentukan oleh faktor-faktor seperti jenis kelamin, berat badan, jenis pekerjaan dan kesehatan seseorang.

Sampai sekarang pun masih terjadi banyak pertentangan di kalangan ahli kesehatan, lembaga pemerintah, maupunkelompok organisasi perusahaan diet dan gizi tentang jumlah kebutuhan protein tiap orang per harinya. Mereka memiliki daftar kebutuhan protein harian yang berbeda-beda satu sama lain.

Walaupun demikian, artikel ini akan menyertakan rekomendasi daftar kebutuhan protein harian tiap umur menurut kajian data The Institute of Medicine dari National Academy of Sciences, Amerika Serikat. Rekomendasi daftar kebutuhan protein harian tersebut adalah sebagai berikut :

  • Bayi berusia 0-6 bulan membutuhkan 9,1 gram protein per hari
  • Bayi berusia 7-12 bulan membutuhkan 11 gram protein per hari
  • Remaja laki-laki usia 14-18 tahun membutuhkan protein sejumlah 52 gramper harinya
  • Remaja perempuan usia 14-18 tahun membutuhkan protein sejumlah 46 gram tiap harinya
  • Pria dewasa membutuhkan sekitar 56 gram protein tiap harinya
  • Wanita dewasa membutuhkan sekitar 46 gram protein tiap harinya
  • Perempuan Hamil dan ibu menyusui membutuhkan sekitar 71 gram protein per hari

Protein yang merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia ini tentunya akan menyebabkan berbagai masalah kronis yang serius apabila tubuh kita sampai kekurangan asupannya. Bahkan menurut satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Nutrition, masalah kekurangan protein yang terjadi sampai saat ini masih menjadi masalah berat yang butuh penanganan serius disejumlah negara di dunia.

Kekurangan protein yang disebabkan oleh tidak terlaksananya fungsi protein secara baik ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti kwashiorkor dan marasmus. Bahkan kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi adalah menyebabkan cacat pada fungsi tubuh apabila asupan protein ini tidak terpenuhi secara optimal dalam kurun waktu tertentu.

Demikianlah pengertian, fungsi dan sumber protein bagi tubuh kita. Tetap penuhi kebutuhan protein harian dalam tubuh kita agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang dapat mengancam akibat kekurangan zat ini. Budidayakan pola hidup sehat dan makanlah makanan yang kaya akan protein.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Sumber dan Fungsi Protein"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel