Pengertian, Sumber dan Fungsi Karbohidrat


Pengertian, Sumber dan Fungsi Karbohidrat - Karbohidrat sebagai senyawa yang terdiri dari berbagai unsur seperti C, H dan O merupakan senyawa dengan kaya akan kegunaan dengan fungsi yang melimpah. Senyawa yang nutrisinya sangat diperlukan oleh tubuh manusia ini memiliki detail sebagai berikut :
Pengertian, Sumber dan Fungsi Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat Secara Umum

Karbohidrat mengandung pengertian sebagai salah satu sumber energi utama bagi tubuh yang berisi zat gizi yang tersimpan dalam  unsur-unsur yang tersusun dari unsur karbon (C), hydrogen (H) serta oksigen (O). Pengertian karbohidrat juga dapat didefinisikan sebagai  sumber energi utama tubuh manusia yang berasal dari tumbuh-tumbuhan hasil proses fotosintesis pada tanaman.

Selain definisi-definisi tersebut, pengertian karbohidrat mengandung pengertian sebagai suatu senyawa organik yang terdiri dari unsur karbon (C), hydrogen (H), dan oksigen (O). unsur-unsur penyusun senyawa karbohidrat tersebut memiliki perbandingan masing-masing sejumlah 1 atom C, 2 atom H dan 1 atom O. Karbohidrat itu sendiri dikelompokkan ke dalam 3 jenis klasifikasi, yaitu sebagai berikut.

Monosakarida

Klasifikasi ini terdiri dari 3 sampai 6 atom C yang zatnya tidak dapat disederhanakan lagi ke dalam bentuk hidrolisasi karbohidrat hasil penggabungan larutan asam dalam air yang lebih sederhana lagi.

Disakarida

Merupakan senyawa yang terbentuk dari 2 macam molekul monosakarida baik dalam jenis yang sama ataupun berbeda jenis. Disakarida dapat dihidrolisis dengan menggunakan larutan asam yang dicampur ke dalam air sehingga membuatnya terurai menjadi 2 jenis molekul monosakarida.

Oligosakarida

Adalah jenis senyawa yang tersusun dari penggabungan berbagai macam molekul monosakarida sejumlah 3 sampai 6 penggabungan monosakarida.

Polisakarida

Merupakan susunan senyawa dari penggabungan molekul-molekul  monosakarida dengan jumlah yang banyak yang bisa dihidrolisis sehingga menghasilkan banyak molekul monosakarida. Polisakarida ini adalah sejenis karbohidrat yang terdiri lebih dari 6 monosakarida dengan bentuk rantai lurus ataupun cabang.

Sumber Karbohidrat

Zat karbohidrat terkandung di dalam tumbuhan dan binatang, meskipun sebenarnya sumber utamanya berasal dari tumbuhan yang dapat menghasilkan sendiri karbohidrat melalui proses fotosintesis dengan hasil berupa amilum selulosa. Sedangkan binatang tidak dapat menghasilkan karbohidrat sendiri dan hanya bergantung pada karbohidrat yang dihasilkan oleh tumbuhan, sehingga hewan hanya berperan memegang fungsi metabolik dan struktural saja.

Sumber karbohidrat utama tersimpan dan terkandung di dalam kebanyakan jenis makanan pokok yang dikonsumsi manusia, seperti gandum, jagung, ubi, singkong, padi, sagu dan ketela. Selain di dalam makanan-makanan pokok tersebut, sumber karbohidrat juga terdapat di dalam berbagai produk makanan olahan yang mengenyangkan seperti jenis mie, sirup, salad, roti dan produk olahan dari tepung-tepungan.

Masing-masing sumber karbohidrat bagi tubuh kita memiliki kadar takaran karbohidrat dengan jumlah dan nilai yang berbeda-beda dalam masing-masing asupannya. Berikut adalah nilai-nilai yang tersimpan dalam sumber karbohidrat yang dikandung oleh berbagai bahan makanan di bawah ini :


  • Gula pasir mengandung karbohidrat senilai 94,0
  • Kacang tanah mengandung karbohidrat senilai 23,6
  • Gula kelapa mengandung karbohidrat senilai 76,0
  • Tempe mengandung karbohidrat senilai 12,7
  • Pati mengandung karbohidrat senilai 87,6       
  • Tahu mengandung karbohidrat senilai 1,6
  • Bihun mengandung karbohidrat senilai 82,0
  • Pisang ambon mengandung karbohidrat senilai 25,8
  • Makaroni mengandung karbohidrat senilai 78,7
  • Apel mengandung karbohidrat senilai 14,9
  • Beras setengah giling mengandung karbohidrat senilai 78,3
  • Mangga harumanis mengandung karbohidrat senilai 11,9
  • Jagung kuning mengandung karbohidrat senilai 73,7
  • Pepaya mengandung karbohidrat senilai 12,2
  • Kerupuk udang dengan pati mengandung karbohidrat senilai 68,2       
  • Daun singkong mengandung karbohidrat senilai 13,0
  • Mi kering mengandung karbohidrat senilai 50,0
  • Wortel mengandung karbohidrat senilai 9,3
  • Roti putih mengandung karbohidrat senilai 50,0
  • Bayam mengandung karbohidrat senilai 6,5
  • Ketela pohon mengandung karbohidrat senilai 34,7
  • Kangkung mengandung karbohidrat senilai 5,4
  • Ubi jalar merah mengandung karbohidrat senilai 27,9
  • Tomat masak mengandung karbohidrat senilai 4,2
  • Kentang mengandung karbohidrat senilai 19,2
  • Hati sapi mengandung karbohidrat senilai 6,0

Fungsi Karbohidrat dalam Tubuh

Karbohidrat memiliki fungsi-fungsi yang cukup vital bagi tubuh. Berikut diantaranya yang wajib anda ketahui.

Fungsi karbohidrat sebagai pemasok energi utama, terutama pada beberapa organ tubuh seperti otak, lensa mata, dan sel saraf.

Fungsi karbohidrat memiliki peran penting dalam membantu metabolisme dalam tubuh, menjaga keseimbangan asam basa, mengkoordinir pembentukan sel beserta strukturnya, jaringan-jaringan serta organ tubuh. Membantu saluran pencernaan mencerna makanan yang kita konsumsi sehari-hari
Karbohidrat berfungsi sebagai cadangan energi dalam otot dan hati manusia

Fungsi karbohidrat adalah berperan serta dalam membantu proses penyerapan kalsium.
Karbohidrat sebagai bahan pembentuk dan penyusun terbentuknya senyawa-senyawa kimia lainnya.
Karbohidrat beratom C berjumlah lima buah dengan jenis ribosa merupakan komponen penyusun asam inti yang penting dalam proses pewarisan sifat alami yang terjadi pada manusia.

Karbohidrat sebagai bahan pemberi rasa manis alami pada berbagai jenis Sebagai pemanis alami.
Dampak Kelebihan Karbohidrat

Pentingnya karbohidrat yang memegang berbagai fungsi utama pada tubuh manusia harus terpenuhi kadar kandungan untuk pemenuhan kebutuhan asupan per harinya. Berikut ini ada beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan karbohidrat, seperti :

Obesitas

Keadaan ini disebabkan karena adanya kelebihan berat badan akibat mengonsumsi terlalu banyak kalori  yang berasal dari makanan sumber karbohidrat.

Laktose intolerance

Masalah kesehatan ini disebabkan oleh adanya gangguan metabolisme pada laktosa yang dikarenakan terjadinya difisiensi yang menyerang pada enzim laktase.

Marasmus

Merupakan suatu kondisi serius pada tubuh manusia akibat malnutrisi atau kekurangan kalori dan protein.

Diabetes Militus

Gangguan kesehatan ini terjadi akibat adanya masalah pada sistem metabolisme karbohidrat di tubuh manusia.

Itulah penjelasan detail mengenai pengertian, sumber, dan fungsi karbohidrat beserta gangguan kesehatan yang mengikutinya. Ayo mulai perhatikan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuhmu! Jangan sampai kadar asupannya kekurangan atau bahkan kelebihan agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Sumber dan Fungsi Karbohidrat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel