Lika-Liku Masa Kehamilan



Sehatgayaku.com - Lika-Liku Masa Kehamilan - Masa kehamilan merupakan masa-masa yang ditunggu oleh sebagian besar pasangan suami istri. Sang istri yang sedang hamil harus selalu didukung penuh oleh sang suami. Kebahagiaan itu lantas tidak boleh sirna begitu saja akibat kejadian-kejadian yang sebenarnya normal dan dapat diatasi namun banyak dicemaskan oleh wanita yang sedang hamil.
 
Lika-Liku Masa Kehamilan
Lika-Liku Masa Kehamilan
Seperti yang banyak diketahui, banyak anggapan-anggapan, cerita, kisah turun temurun mengenai kehamilan. Di zaman yang serba modern ini, informasi harus disaring dengan akal sehat. Apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan wajib diketahui. Terlebih jika muncul gejala-gejala pada saat kehamilan. 

Tindakan pencegahan dan pengobatan sangat dibutuhkan agar semuanya menjadi normal seperti sediakala lagi. Dalam artikel ini beberapa kekhawatiran mengenai kehamilan akan dibahas dan tidak ketinggalan mengenai perasaan atau rasa sakit yang timbul saat hami, lengkap dengan solusinya.

Tidak Perlu Banyak Cemas Saat Hamil

Kecemasan atau ketakutan saat wanita mengandung, wajar-wajar saja. Terkadang rasa cemas tersebut timbul akibat rasa saying yang begitu mendalam pada buah hati atau dapat juga takut akan hall-hal yang diketahui sebelumnya.

Kecemasan yang cukup sering terjadi pada wanita hamil adalah posisi tidur. Apakah berganti-ganti posisi tidur dapat membahayakan buah hati? Apakah tidur miring ke kanan atau ke kiri boleh? Hal-hal tersebut dipastikan, sangat boleh dilakukan. Yang menjadi alasan utama adalah, Rahim sang ibu, diciptakan sangat fleksibel. 

Rahim merupakan sebuah wahana yang sangat pas dalam keadaan normal apapun bagi janin. Tidur dalam posisi telentang atau miring juga tidak masalah karena Rahim pasti akan mengikuti pola tubuh dan adaptif sehingga janin didalam perut tetap aman. Namun posisi terbaik bagi ibu hamil adalah telentang dan miring ke kiri, karena kedua posisi ini tidak menekan jantung.

Posisi terbaik bagi ibu hamil adalah telentang dan miring ke kiri

Kemudian cemas masalah makanan. Apakah itu boleh ini boleh? Jawabannya memang relatif, tergantung apa yang diinginkan. Akan tetapi, sepanjang makanan dan minuman tidak berbahaya dan mengandung gizi yang cukup, maka diperbolehkan makan. 

Semisal kandungan kafein dalam kopi. Kandungan kafein dalam kopi atau minuman lainnya dipercaya dapat mengganggu pertumbuhan janin, namun mengkonsumsi kafein dalam batas kurang dari 200mg diperbolehkan pada ibu hamil. Untuk makanan yang sebaiknya dimakan ata tidak, dapat lebih jelas dikonsultasikan pada dokter kandungan yang merawat anda.

Kemudian cemas akan keguguran. Jenis cemas seperti ini sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan control dokter yang baik, maka dapat dideteksi dengan baik keadaan janin. Keguguran yang mungkin terjadi pun sebenarnya ada pada fase kehamilan dibawah 12 minggu. 

Apabila telah melewati masa itu maka dipastikan janin akan aman, selama ibu terus menjaga kandungannya dengan baik. Keguguran jangan terlalu dipikirkan karena akan menimbulkan stress yang akan berdampak negatif pada ibu dan kandungan. Cemas akan bayi yang terlahir cacat juga sebenarnya tidak diperlukan.

Ingat, calon ibu harus berpikir positif mengenai anaknya. Memang perlu waspada, namun ada baiknya untuk selalu memeriksakan kandungan dengan rutin, agar semua dapat terdeteksi dengan baik dan memberikan kepastian pada ibu. Kakhawatiran lain adalah pecahnya kantung ketuban. Pecahnya kantung ketuban sangat berbahaya bagi bayi, dan umumnya terjadi pada kandungan usia tua. Maka sebaiknya ibu yang hamil selalu didampingi seseorang dimanapun ibu berada.

Terakhir adalah khawatir mengenai lahir prematur. Kelahiran prematur pada saat ini tidak perlu dicemaskan. Terlebih yang memberikan saran adalah dokter. Karena dokter telah membaca tanda-tanda kelahiran, maka tidak perlu dikhawatirkan masalah kelahiran prematur.

Kejadian-Kejadian Saat Hamil dan Cara Mengatasinya
Masa kehamilan banyak sekali memunculkan perubahan pada wanita. Banyak gejala gejala yang timbul dan ditakutkan pula oleh kebanyakan ibu. Kebanyakan hal yang paling sering terjadi adalah mual dan muntah.

Mual dan muntah merupakan akibat dari perubahan hormone, terutama pada awal masa kehamilan. Untuk mengatasinya dapat dengan meminum the hangat dan minuman rendah lemak lainnya. Makan tidak perlu banyak namun sering dilakukan. Hindari juga makanan berlemak, berbumbu menyengat dan makanan yang terlalu asam dan pedas.

Mual dan muntah saat Masa Kehamilan adalah hal yang lumrah

Perbanyak pula konsumsi sayuran dan buah terutama yang mengandung vitamin B6 seperti alpukat dan pisang. Masalah lain yang muncul biasanya adalah keputihan. Masalah ini dapat diatasi dengan manjaga kebersihan secara teratur. Mengganti pakaian dalam dan mengusahakan kain yang berbahan dasar katun. Apabila sudah mulai berkeringat atau basah maka segeralah menggantinya.

Kebersihan daerah kewanitaan pada masa kehamilan sangat penting untuk dijaga. Masalah yang timbul biasanya juga pusing dan sakit kepala. Masalah ini sering dirasakan ibu hamil, terutama pengidap darah rendah.

Jika mulai dirasa pusing, sebaiknya ibu segera beristirahat dan menghindari perasaan buruk dan tertekan yang akan membuat anda kepikiran. Selain itu hindari tindakan yang tiba-tiba atau terlalu cepat, tetap santai dan lakukan apa yang anda cintai seperti mendengarkan musik, melihat film, dan lain sebagainya.

Masalah berikutnya adalah mudah lelah dan cepat mengantuk. Masalah ini timbul akibat organ tubuh yang bekerja semakin berat, aktivitas hormonal ibu hamil juga dapat memengaruhi. Apabila mudah lelah maka ibu hamil perlu memperhatikan kembali asupan energinya. 

Energi ini dapat diperoleh melalui karbohidrat seperti nasi, sereal dan gandum. Apabila terasa mengantuk ada baiknya tidak usah memaksakan diri dan lekas tidur. Hal ini akan sangat membantu pemulihan dan kondisi janin dalam kandungan. Demikian beberapa masalah dan pencegahannya, semoga bermanfaat bagi semua.

Belum ada Komentar untuk "Lika-Liku Masa Kehamilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel