9 Cara Mengatasi Kekurangan Protein Secara Alami


Sehatgayaku.com - Protein adalah dasar bagi pembentukan konstruksi tubuh yang fungsi utamanya sebagai zat pembangun dalam tubuh itu sendiri. Jika kekurangan zat esensial ini atau yang disebut sebagai gejala avitaminosis, maka akan berdampak timbulnya kelelahan dan menyebabkan rasa malas atau kurang konsentrasi pada tubuh. Protein yang merupakan kelompok senyawa organik ini terdiri dari sulfur, hydrogen, fosfor, nitrogen, oksigen dan asam amino.

9 Cara Mengatasi Kekurangan Protein Secara Alami


Zat protein memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Kebutuhan protein bagi tubuh manusia tiap harinya adalah sebesar 1/6 dari berat badan seseorang. Zat yang memiliki peranan penting untuk perkembangan tiap sel tubuh ini ada yang diprodusi sendiri oleh tubuh dan ada juga yang diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Makanan tersebut dibawa melalui aliran darah untuk diserap oleh asam amino di dalam usus.

Kandungan asam amino tersebut paling banyak terdapat di dalam protein hewani. Adapun di dalam protein nabati juga terdapat asam amino, hanya saja kadar kandungannya lebih sedikit dari yang ada pada protein hewani. Sumber protein nabati tersebut berasal dari asupan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan. Sedangkan sumber protein hewani bersumber dari hewan yang terkandung pada bagian dagingnya.

Zat protein yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan ini dapat membantu pembentukan jaringan tubuh melalui kadar asupan asam amino yang terkandung didalamnya. Protein yang juga berperan sebagai zat pembantu proses penyembuhan luka, regenerasi sel dan mengatur kerja hormon serta enzim dalam tubuh ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit kwashiorkor dan marasmus jika tubuh kekurangan asupannya.

Pentingnya protein bagi tubuh membuat kebutuhan akan kandungannya harus selalu kita penuhi setiap hari demi kesehatan dan kenyamanan tubuh kita. Mengatasi kekurangan protein dapat dilakukan dengan cara alami ataupun secara kimia dengan menggunakan obat-obatan medis. Berikut ini akan dibahas mengenai 9 cara alami mengatasi kekurangan protein pada tubuh kita:

1. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Walaupun protein nabati memiliki kandungan asam amino yang lebih rendah jika dibandingkan dengan protein hewani, tetapi konsumsi sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan brokoli akan tetap dapat memenuhi asupan protein yang dibutuhkan tubuh kita. Kandungan kalsium yang terdapat dalam sayuran hijau ini juga sangat membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi manusia terutama pada masa pertumbuhan.

2. Mengonsumsi Susu

Kandungan protein yang terdapat pada susu yaitu sekitar 8 gram protein tiap cangkirnya. Susu yang kaya akan kalsium dan protein ini dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) pada orang dewasa.

3. Mengonsumsi Keju

Sebagai salah satu produk olahan susu, keju bisa dijadikan alternatif lain untuk mengatasi kekurangan protein secara alami pada orang yang tidak suka minum susu. Keju yang merupakan fermentasi susu ini selain mengandung protein, juga mengandung lemak serta asupan Vitamin B yang baik bagi tubuh kita.

4. Mengonsumsi Kedelai

Tips mengatasi kekurangan protein selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kedelai. Sebagai salah satu sumber protein alami, jenis biji-bijian ini dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan lezat seperti minuman sari kedelai, tempe dan tahu. Dengan dijadikan olahan-olahan tadi, kedelai dapat dinikmati dengan beragam cara, tetap enak, tetapi kandungan proteinnya juga tetap terjaga baik sehingga metabolisme tubuh lancar.

5. Mengonsumsi Putih Telur

Mengatasi kekurangan protein dengan telur adalah dengan cara mengonsumsi bagian putih telurnya. Sumber protein alami ini efektif untuk pembentukan otot sesuai dengan yang kita inginkan apabila dikonsumsi sebelum berolahraga dalam takaran yang sesuai anjuran. Bagian putih telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih sehat jika dibandingkan dengan bagian kuning telurnya.

6. Mengonsumsi Seafood

Kandungan protein yang tinggi juga bisa didapat dari konsumsi seafood dalam takaran yang wajar. Apalagi bagi seseorang yang sedang melakukan diet dan mengurangi asupan karbohidrat, seafood sangat disarankan untuk dikonsumsi karena sumber protein tinggi yang dikandungnya dapat membantu menggantikan asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

7. Mengonsumsi Ikan Laut

Selain seafood, alternatif lain yang dapat mengatasi kekurangan protein secara alami adalah dengan mengonsumsi ikan laut. Konsumsi makanan berbahan dasar ikan laut, selain bisa memenuhi asupan protein juga mengandung asupan lemak, asam amino dan beragam mineral penting yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita. Bahkan asam aminonya yang serupa dengan yang terdapat dalam tubuh sangat baik bagi kesehatan semua umur.

8. Mengonsumsi Daging Merah

Daging merah dengan penampang yang berwarna merah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Daging merah bersumber dari jenis hewan ternak golongan mamalia seperti sapi, kambing, kerbau, dll. Perkembangan otot kita pun akan terstimulasi secara maksimal. Kandungan protein hewani yang tinggi pada daging merah merupakan tips ampuh dalam mengatasi kekurangan protein tubuh.

9. Mengonsumsi Daging Putih

Daging putih merupakan kelompok daging dengan warna putih yang biasanya didapat dan bersumber dari berbagai jenis unggas, seperti ayam, bebek, kalkun, dll. Jenis daging ini mengandung asupan vitamain B3 (niacin) yang dibutuhkan dan berguna bagi tubuh kita. Asupan niacin memegang peranan yang besar untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Dalam jumlah yang mencukupi, keberadaan protein di dalam tubuh memiliki peran penting untuk memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh serta DNA yang akan membuat kondisi badan kita tetap terasa segar dan fit dan. Zat yang juga berguna bagi pembentukan sel darah ini memiliki fungsi mengantarkan peredaran oksigen ke seluruh sel dan jaringan tubuh manusia dengan tak ada kecuali.

Kandungan molekul penting seperti, hidrogen, oksigen dan nitrogen terdapat di dalam protein. Kekurangan zat ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh manusia, dimana keadaan terburuknya adalah terjadinya cacat pada fungsi tubuh. Agar terhindar dari berbagai ancaman kesehatan tersebut, ayo penuhi kebutuhan protein tubuhmu dan segera atasi kekurangan protein dalam tubuh secara alami!

Belum ada Komentar untuk "9 Cara Mengatasi Kekurangan Protein Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel