10 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral bagi Tubuh


Sehatgayaku.com - Mineral untuk kesehatan-Salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh ini adalah mineral. Mineral memiliki pera penting dalam mendukung kinerja organ-organ tubuh seperti untuk menjaga fungsi saraf, menjaga sistem endokrin dan untuk pembentukan sel-sel darah.

10 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral bagi Tubuh

Meskipun peran mineral untuk kesehatan sangat penting untuk tubuh, namun jika asupan mineral tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh maka justru akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan tubuh. Gangguan ini bisa berupa penyakit ringan, bisa juga berupa penyakit berat yang sangat berbahaya.

Akibat Kelebihan Mineral Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah ulasan mengenai apa saja akibat yang di timbulkan jika kekurangan atau kelebihan mineral dalam tubuh serta makanan apa saja yang menjadi sumber mineral yang dibutuhkan tubuh.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa semakin banyak asupan mineral maka akan memberikan dampak yang positiv untuk tubuh. Padahal, kenyataannya justru akan menimbulkan efek negativ karena ketidakseimbangan kadar asupan mineral tersebut. Mari kita pelajari bersama akibat kelebihan mineral sesuai dengan jenis mineralnya.

Akibat kelebihan mineral yang Pertama adalah dari yodium. Jika seseorang mendapat asupan yodium terlalu tinggi maka akan terjadi gangguan kesehatan berupa perut terasa mual, kenaikan berat badan, rambut dan kulit menjadi kering, bau napas dan menstruasi yang tidak teratur.

Akibat kelebihan mineral Kedua adalah dari sodium. Jika asupan sodium dalam tubuh melebihi batas normal maka seseorang akan mengalami gangguan tulang berupa ostioporosis dan tekanan darah yang akan berakibat pada penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu sebisa mungkin kondisi ini tidak berlangsung lama untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Ketiga adalah dari zink. Jenis mineral ini jika masuk kedalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu kadar kolesterol atau lemak jahat akan lebih meningkat yang beresiko pada penyakit stroke dan jantung karena penyumbatan arteri oleh lemak. Akibat yang lebih parah adalah terjadinya bayi lahir secara premature hingga menyebabkan kematian janin.

Keempat adalah dari fosfor. Jika asupan forfor yang masuk kedalam tubuh ini melebihi batas normal maka akan berakibat pada kinerja penyerapan kalsium. Hal ini menyebabkan tubuh tidak bisa optimal dalam memanfaatkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Akibat kelebihan mineral Kelima adalah dari kalsium. Bukannya tulang sehat yang anda dapat, namun justru anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan jika terlalu banyak mendapat asupan kalsium yaitu akan mengganggu kinerja saluran kemih, menyebabkan sembelit dan mual-mual.

Akibat Kekurangan Mineral Untuk Kesehatan

Selain akibat diatas, ada akibat lain yang disebabkan dari asupan mineral yang tidak seimbang yaitu kondisi dimana mineral yang ada dalam tubuh tidak memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Akibat kekurangan mineral Pertama adalah dari yodium. Seseorang yang kekurangan jenis mineral ini akan mengalami gangguan kehamilan berupa tidak berkembangnya janin secara maksimal. Akibatnya anak yang terlahir akan mengalami keterbelakangan mental. Sedangkan untuk orang dewasa kekurangan yodium ini bisa menyebabkan penyakit gondok.

Kedua adalah dari selenium. Jenis mineral ini bermanfaat sebagai antioksidan. Jika asupan selenium dalam tubuh tidak memenuhi batas normal maka seseorang akan mudah terserang penyakit terutama kanker prostat.

Ketiga adalah dari tembaga. Meskipun ini jarang dialami seseorang, namun alangkah lebih baik jika kita tetap mewaspadainya. Beberapa gangguan kesehatan yang akan terjadi apabila disebabkan karena asupan tembaga yang terbatas adalah anemia, kelainan tulang dan sakit paru-paru.

Akibat kekurangan mineral Keempat adalah dari Zinc. Jika kadar zinc dalam tubuh sangat kecil maka akan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti diare, anorexia, jerawat, bintik putih dalam kuku, timbulnya stretch mark dan proses penyembuhan luka yang cukup lama.

Kelima adalah dari fosfor. Mineral ini pada dasarnya sangat bermanfaat untuk tubuh, sehingga ketika jumlahnya tidak sesuai dengan batas normal maka terjadi reaksi dari dalam tubuh. Seseorang yang kekurangan mineral ini maka ia akan merasakan nyeri tulang, perut terasa mual, detak jantung yang tidak teratur dan anorexia.

Sumber Makanan Yang Mengandung Banyak Mineral

Setelah mengetahui pentingnya mineral untuk kesehatan maka sebisa mungkin kita harus memenuhi asupan mineral tubuh dengan baik dan benar, yaitu dengan kadar yang seimbang tidak berlebihan atau kekurangan sehingga bisa terhindar dari berbagai jenis gangguan kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas.

Pertama adalah yogurt. Makanan ini adalah salah satu sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk menikmati yogurt anda bisa memadukannya dengan es, buah atau salad sayuran. Kedua adalah jamur. Bagi anda yang mengalami gangguan kesehatan akibat kekurangan mineral berupa kalsium, tembaga, selenium dan zinc maka jamur menjadi menu makan paling tepat untuk dikonsumsi setiap hari.

Ketiga adalah biji-bijian. Kandungan mineral yang ada pada bahan makanan ini adalah selenium dan magnesium. Biji-bijian tersebut berupa kacang, kedelai dan lain-lain. Keempat adalah oatmil yang kaya akan kandungan kalium, zat besi dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Oatmil ini bisa dikonsumsi setiap hari sebagai menu sehat dan bergizi.

Itulah beberapa informasi mengenai berbagai akibat yang ditimbulkan jika tubuh memiliki kadar mineral yang tidak seimbang yaitu terlalu akibat kelebihan mineral atau kekurangan mineral. Untuk terus meningkatkan kesehatan maka sebisa mungkin kita harus menjaga kadar mineral tubuh agar tetap dalam kondisi normal yang akan menjauhkan kita dari berbagai jenis penyakit.

Belum ada Komentar untuk "10 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel