Cara Menghitung Berat Badan Ideal


Sehatgayaku.com - Menghitung berat badan paling sering dicari kaum hawa. Tidak dipungkiri dengan mengetahui cara menghitung berapa berat badan mereka, maka kaum hawa akan berusaha memperoleh berat badan yang ideal. Namun, perlu diketahui, baik pria maupun wanita sama-sama tidak ingin memiliki berat badan di atas normal atau kurang dari normal. Meskipun memang untuk usaha memperoleh berat bada ideal identik dilakukan kaum wanita.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal


Seseorang yang memiliki berat badan kurang dari ideal, identik dengan memiliki berat badan yang kurus. Seseorang dengan badan yang kurus mengindikasikan kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi. Bahkan ada pula yang mengalami malnutrisi. Namun, sangat jarang seseorang yang berusaha menaikkan berat badan hingga mencapai ideal ketika badan mereka kurus. Karena bagi pria maupun wanita berbadan kurus, asalkan sehat, maka mereka bersyukur dengan berat badan yang dimiliki.

Berbeda dengan pria dan wanita yang memiliki berat badan lebih dari ideal. Risiko dengan berat badan seperti itu adalah menuju obesitas. Seseorang yang obesitas lebih besar mengalami penyakit diabetes, jantung, bahkan stroke. Bahkan pria maupun wanita yang memiliki berat badan lebih dari ideal lebih sering terlihat kurang menarik. Sehingga tidak heran, pria dan wanita yang “gemuk” pasti berusaha untuk menurunkan berat badan hingga memperoleh angka “ideal”.

Keuntungan Memiliki Berat Badan Ideal

Bukan tanpa alasan seseorang berusaha memiliki berat badan ideal. Selain ingin memperbaiki penampilan, tentu juga karena ingin merasakan keuntungan berikut ini.

Terhindar dari stress akan dirasakan bagi mereka yang memiliki berat badan ideal. Karena tentunya Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan berat badan yang berlebih. Dalam penelitian dengan mengambil sampel para obesitas menunjukkan memiliki mood yang lebih buruk daripada wanita yang memiliki berat badan ideal.

Memperkuat dan memutihkan gigi ternyata berkaitan dengan keuntungan bagi Anda yang memiliki berat badan ideal. Penelitian dari Case Western Reserve University menyebutkan seseorang dengan berat badan lebih dari ideal berisiko memiliki masalah gusi kemerah-merahan, gusi berdarah, dan gusi yang mudah mengalami pembengkakan. Sedangkan pada seseorang dengan berat badan ideal lebih terjaga kesehatan gusinya serta membuat gigi lebih kuat dan putih alami. Asalkan orang tersebut juga rajin menyikat gigi setiap hari.

Menurunkan risiko terserang penyakit jantung akan Anda alami dengan memiliki berat badan ideal. Sebab dengan memiliki berat badan ideal, maka kada kolesterol dalam darah juga lebih terkontrol. Selain itu, kadar gula darah di dalam tubuh juga normal sehingga tidak akan memicu timbulnya gangguan pada peredaran darah, baik dari dan menuju ke jantung.

Memudahkan melakukan setiap kegiatan akan terasa ketika Anda memiliki berat badan ideal. Berat badan yang ringan, membuat Anda tidak akan cepat merasa kelelahan. Coba bayangkan jika Anda memiliki berat badan berlebih. Baru naik anak tangga sebanyak dua langkah sudah cepat merasa lelah. Itu tidak akan terjadi jika Anda memiliki berat badan yang ideal. Sebab Anda tidak akan membawa beban yang berlebih dari berat badan Anda sendiri dalam setiap kegiatan sehari-hari.

Perhitungan Berat Badan Ideal

Bagi Anda yang sudah tidak sabar seperti apa rumus menghitung berat badan, maka simak dua metode di bawah ini.

Perhitungan dengan metode “Konvensional” dapat Anda hitung dengan rumus berikut Berat Badan Ideal (BBI) = (Tinggi Badan-100) x 90%. TB merupakan singkatan Tinggi Badan Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki tinggi badan 160 cm, maka tinggal masukkan ke rumus. BBI=(160-100) x 90%. Hasilnya akan diperoleh 54 kg, kemudian lihatlah range pada tinggi badan 160 cm apakah sudah termasuk berat badan yang ideal ataukah belum.

Perhitungan juga dapat Anda lakukan dengan metode “BMI” atau Body Mass Index. Rumus BMI adalah sebagai berikut BMI = (Berat Badan) / [(Tinggi Badan) x (Tinggi Badan)]. Sebagai contoh, Anda memiliki berat badan 54 kg dan tinggi badan 160 cm. Tinggal masukkan ke rumus BMI. Menjadi, BMI = (54) / [(1,60 x 1,60)] maka diperoleh BMI sebesar 21,09. Angka tersebut kemudian Anda lihat pada nilai BMI apakah tergolong berat badan ideal ataukah tidak.

Nilai BMI

BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan berat badan seseorang terhadap tinggi badan yang dimiliki. Biasanya digunakan untuk menghitung berat badan ideal bagi orang dewasa baik pria maupun wanita. Terdapat empat kategori nilai BMI yang dapat dijadikan patokan.

Kategori pertama nilai BMI kurang dari 18,5 atau BMI < 18,5 merupakan nilai berat badan kurang ideal atau underweight. Jika Anda masuk dalam kategori tersebut, memang Anda tidak termasuk obesitas, namun kurus. Kategori kedua nilai BMI antara 18,5 hingga 24 merupakan nilai berat badan ideal. 

Sehingga dari contoh perhitungan BMI di atas dengan angka 21,09 menunjukkan berat badan seseorang 54 kg dengan tinggi badan 160 cm merupakan berat badan yang ideal. Kategori ketiga nilai BMI antara 25 hingga 29 merupakan nilai berat badan berlebih atau overweight. Dalam nilai tersebut belum masuk ke kategori obesitas. Kategori keempat nilai BMI lebih dari 30 atau BMI > 30 merupakan nilai berat badan yang sudah masuk obesitas. Sehingga Anda harus berusaha untuk menurunkannya hingga memiliki berat badan ideal.

Jadi, kini Anda sudah mengetahui rumus perhitungan berat badan ideal. Segera timbang berat badan dan ukur tinggi badan saat ini. Hitunglah menggunakan salah satu atau dua perhitungan di atas. Andapun akan mengetahui apakah termasuk ideal atau tidak dengan rumus menghitung berat badan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Berat Badan Ideal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel