10 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Zat Besi bagi Tubuh


Sehatgayaku.com - Zat besi untuk kesehatan- Untuk menjaga kesehatan tubuh, tentu kita harus memberikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tubuh. Salah satu kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah zat besi. Zat besi memiliki peran penting dalam kesehatan yaitu untuk menstabilkan jumlah sel darah dalam tubuh.

10 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Zat Besi bagi Tubuh

Zat besi ini membantu proses pengangkutan oksigen dari paru-paru kebagian organ lainnya seperti otak. Umumnya kebutuhan zat besi dalam tubuh disesuaikan dengan usia masing-masing orang. Namun karena pola makan yang tidak terkontrol dengan baik, akibatnya kadar zat besi dalam tubuh tidaklah stabil. Ada beberapa orang yang mengalami kelebihan zat besi dan ada juga yang mengalami kekurangan. Semua kondisi tersebut tentunya memberikan berbagai efek negativ bagi kesehatan.

Akibat Kelebihan Zat Besi Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 10 akibat yang terjadi jika zat besi dalam tubuh tidak dalam kondisi normal atau stabil.

Kondisi kelebihan zat besi ini biasa disebut dengan Haemochromatosis. Jika terjadi kondisi ini maka akan ada beberapa gangguan kesehatan akibat jumlah zat besi yang berlebihan. 

Pertama adalah terkena diabetes. Ketika zat besi dalam tubuh kadarnya berlebihan maka akan mengendap di pancreas yang nantinya akan membentuk sel tubuh lain. Secara otomatis hal ini mengakibatkan peningkatan insulin yang menjadikan seseorang menderita diabetes.

Kedua Akibat kelebihan zat besi adalah mudah cemas. Dengan jumlah zat besi yang berlebihan maka organ-organ dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tubuh akan memberikan sinyal kedalam otak yang kemudian menciptakan rasa cemas. Tubuh juga akan terasa serba tidak nyaman, terasa nyeri dan lemas.

Ketiga adalah perubahan warna kulit menjadi keabuan. Jika anda mengalami kondisi warna kulit yang berubah menjadi keabuan dan pucat maka ini berarti anda memiliki kadar zat besi yang berlebihan dalam tubuh.

Keempat Akibat kelebihan zat besi  adalah rasa nyeri pada perut. Zat besi yang berlebihan telah mengganggu beberapa kerja organ tubuh termasuk pencernaan. Jika terjadi terus menerus maka tidak hanya rasa nyeri melainkan juga terjadi pembengkakan pada bagian perut.

Kelima adalah arthritis, yaitu kondisi dimana seluruh sendi di dalam tubuh terasa nyeri bahkan jika sudah parah, sendi akan mengalami peradangan dan akan mengalami pembengkakan alami. Jika sudah seperti maka asupan zat besi dalam tubuh harus segera diturunkan.

Akibat Kekurangan Zat Besi Untuk Kesehatan

Bukan hanya kelebihan zat besi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan melainkan juga karena kekurangan zat besi. Ada beberapa akibat yang di timbulkan jika asupan zat besi dalam tubuh tidak memenuhi batas normal.

Akibat kekurangan zat besi Pertama adalah anemia. Ketika seseorang mengalami pendarahan hebat atau setelah melakukan donor darah, maka asupan zat besi dalam tubuh akan berkurang. Jika tidak segera diatasi maka kondisi ini akan sangat membahayakan kesehatan.

Kedua adalah menyebabkan suasana hati mudah berubah. Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi kerja organ dalam tubuh sehingga berakibat pada kondisi tubuh yang tidak baik. Inilah yang kemudian membuat perasaan menjadi lebih sensitif.

Akibat kekurangan zat besi Ketiga adalah kaki terasa gemetar. Kurangnya zat besi ini membuat peredaran darah tidak lancar, termasuk pada bagian kaki sehingga kaki mudah terasa bergetar, kesemutan dan kram.

Keempat adalah menopause lebih dini. Salah satu yang mempengaruhi hormon kewanitaan adalah zat besi. Jika asupan zat besi berkurang maka hormon tersebut tidak akan bekerja dengan baik sehingga seorang wanita akan mengalami menopause lebih cepat dari semestinya.

Kelima adalah rambut menjadi mudah rontok. Ini adalah Akibat kekurangan zat besi yang sering dialami banyak orang. Hal ini dikarenakan kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh asupan zat besi. Jika asupan zar besi tidak sesuai batas normal, maka kesehatan rambutpun akan berkurang sehingga lebih mudah mengalami kerontokan.

Sumber Makanan Yang Memiliki Kandungan Zat Besi

Setelah mengetahui pentingnya zat besi untuk kesehatan, maka sebisa mungkin kita harus berusaha untuk menjaga asupan zat besi agar tetap dalam kondisi normal sehingga tidak akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Sumber makanan Pertama adalah hati sapi. Hati sapi adalah salah satu sumber zat besi yang dapat memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Jadi jika anda mengalami kekurangan zat besi maka konsumsi hati sapi secara teratur.

Kedua adalah alpukat. Ternyata alpukat tidak hanya kaya serat dan lemak, melainkan juga mengandung zat besi tinggi. Buah ini sangat mudah didapatkan, cara mengolahnya juga simple yaitu dengan menjadikannya jus.

Ketiga adalah gurita. Jenis makanan ini menjadi salah satu sumber zat besi tinggi yang dibutuhkan tubuh. Namun jika anda mengalami gangguan akibat kelebihan zat besi, maka sebaiknya anda menghindari makanan ini.

Terakhir adalah telur. Selain kaya akan protein, telur juga mengandung zat besi tinggi. Dengan mengkonsumsi telur dalam jumlah yang tepat maka proses pengangkutan oksigen keseluruh organ tubuh akan berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa informasi mengenai pentingnya zat besi untuk kesehatan. Cara terbaik untuk selalu menjaga kesehatan salah satunya adalah dengan menjaga asupan zat besi dalam tubuh agar tetap dalam kondisi normal. Dengan begitu maka anda akan terhindar dari beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan tingkat zat besi yang kekurangan atau terlalu berlebihan. Untuk bisa mengetahui kadar zat besi dalam tubuh, anda bisa melakukan pengecekan secara medis.

Belum ada Komentar untuk "10 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Zat Besi bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel