Pentingnya Vitamin B1 Untuk Kesehatan


Sehatgayaku.com - Vitamin B1 untuk kesehatan - Salah satu nutiri yang dibutuhkan tubuh agar tetap dalam kondisi sehat adalah vitamin B1. Vitamin ini masih satu bagian dari vitamin B kompleks yang memiliki peran penting untuk menjaga kinerja organ-organ tubuh terutama sistem saraf, fungsi otot dan sistem pencernaan.

pentingnya vitamin B1 untuk kesehatan


Kebutuhan akan vitamin B1 ini tentunya harus disesuaikan dengan batas normal, karena jika kurang dari batas normal atau melebihi maka akan menimbulkan berbagai gangguan tubuh yang akan membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai akibat yang ditimbulkan jika kadar vitamin B1 tidak sesuai dengan batas normal serta mengetahui apa saja makanan yang menjadi sumber dari vitamin B1.

Akibat Kelebihan Vitamin B1 Untuk Kesehatan

Ada beberapa gangguan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar vitamin B1 dalam tubuh. Pertama adalah agitasi yaitu kondisi dimana seseorang menjadi lebih sensitiv dari biasanya. Agitasi ini juga biasa diartikan sebagai gangguan kegelisahan atau psikomotor yang tiba-tiba meningkat. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan lebih cepat marah, sedih dan gembira dalam selisih waktu yang singkat.

Akibat kelebihan vitamin B1 kedua adalah palpitasi jantung yaitu kondisi seseorang yang selalu mengalami debar jantung lebih cepat dari biasanya. Jika ini terjadi secara terus menerus maka peredaran darah dari jantung ke organ lainnya akan terjadi secara tidak normal yang pastinya akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lain yang membahayakan. Kandungan vitamin B1 juga dapat mengganggu kinerja ginjal karena darah atau cairan lain yang beredar dalam tubuh ikut tercampur dengan vitamin tersebut yang akan menyulitkan kerja paru-paru dalam memprosesnya menjadi urin.

Ketiga adalah gangguan pada kulit atau ruam kulit, yaitu terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat tingkat vitamin B1 terlalu tinggi. Meskipun ruam kuit bisa disebabkan bakteri atau virus namun ruam yang terjadi karena kelebihan vitamin B1 ini lebih parah dengan ciri kulit terasa sangat gatal, memerah, timbul bintik-bintik dan mengalami pembengkakan.

Akibat Kekurangan Vitamin B1 untuk Kesehatan

Setelah mengetahui Akibat kelebihan vitamin B1, maka selanjutnya kita bahas mengenai akibat yang ditimbulkan jika kadar vitamin B1 dalam tubuh tidak memenuhi batas normal. Akibat yang pertama adalah gagal jantung. Ini disebabkan karena sebelumnya seseorang memiliki kelebihan vitamin B1, namun secara tiba-tiba asupan dikurangi dalam jumlah tinggi. Hal inilah yang menyebabkan gagal jantung karena kinerja jantung berubah secara drastis dalam sekali waktu.

Akibat kekurangan vitamin B1 kedua adalah gangguan lambung. Kurangnya asupan vitamin B1 ini akan melambat dan memperberat kinerja lambung dalam memproses makanan. Dengan demikian ketika seseorang kekurangan asupan vitamin B1, maka ia akan mengalami gangguan kesehatan terutama pada bagian lambung.

Akibat ketiga adalah gangguan emosidepresi. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan gangguan pada syaraf-syaraf tubuh yang nantinya akan berlanjut pada kondisi emosi dan mental seseorang yang sering berubah-ubah. Bahkan dalam kondisi yang sudah parah, seseorang bisa mengalami pikun dan hilang ingatan.

Akibat kekurangan vitamin B1 keempat adalah penyakit beri-beri. Ini adalah salah satu akibat yang sering dialami banyak orang. Jenisnya ada tiga yaitu beri-beri basah, beri-beri kering dan beri-beri jantung. Untuk ciri dari gangguan kesehatan ini adalah kaki sering kesemutan, mudah lelah dan sulit berjalan dalam beberapa waktu tertentu. 

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B1

Berikut ini adalah beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B1 yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan vitamin B1 dan anda hindari untuk menurunkan vitamin B1. Apakah sumber makanan tersebut? Inilah penjelasannya.

Pertama adalah daging sapi, terutama bagian jeroan. Ini merupakan salah satu sumber vitamin B1 yang bisa anda konsumsi setiap hari jika ingin meningkatkan kadar vitamin B1.

Kedua adalah ikan. Salah satu sumber vitamin B1 terbaik terdapat pada ikan laut terutama tuna. Jika anda mengalami gangguan Akibat kekurangan vitamin B1 maka sebisa mungkin anda harus menghindari mengkonsumsi ikan tuna.

Ketiga adalah kacang hijau. Kacang hijau ini adalah jenis makanan yang bisa kita temui sehari-hari dalam berbagai jenis olahan seperti bubur, es krim, isian kue dan lain-lain dalam 100 g kacang hijau mengandung 0,47 mch vitamin B1.

Keempat adalah wortel dan asparagus. Dalam 100 g wortel bisa didapatkan asupan vitamin B1 sebanyak 0,4 mcg sedangkan untuk 100 g asparage memiliki kandungan sebesar 0,143. Jika anda ingin mengobati penyakit akibat kekurangan vitamin B1 maka perbanyak konsumsi kedua jenis sayuran tersebut.

Kelima adalah nanas. Buah yang terasa sedikit asam ini ternyata memiliki kandungan 0,08 mcg vitamin B1 dalam setiap 100 gramnya. Selain itu dengan mengkonsumsi buah nanas anda juga akan menambah asupan vitamin C dan mineral.

Keenam adalah gandum. Jika dibandingkan dengan jenis makanan lain, maka gandum menduduki posisi tertinggi yang mengandung vitamin B1 4,47 mcg dalam satu mangkuk gandum. Dengan demikian jika anda mengalami gangguan Akibat kekurangan vitamin B1 maka segera perbanyak mengkonsumsi gandum agar kadar vitamin B segera meningkat. Begitupun sebaliknya, jika anda sudah mengalami kelebihan vitamin B1 maka hindari untuk mengkonsumsi makanan ini meskipun dalam jumlah sedikit.

Itulah beberapa informasi mengenai pentingnya vitamin B1 untuk kesehatan. Bermanfaat tidaknya vitamin B1 tersebut tergantung dari jumlah dan kadarnya. Jika ada dalam kadar normal maka akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sebaliknya jika ada pada kadar yang kekurangan atau terlalu banyak justru akan membahayakan kesehatan karena akan timbul banyak akibat berupa munculnya penyakit-penyakit baru.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Vitamin B1 Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel