Pengertian, Sumber dan Fungsi Lemak


Pengertian, Sumber dan Fungsi Lemak - Lemak yang memiliki banyak kegunaan bagi tubuh manusia ini mempunyai beragam pengertian dengan berbagai fungsi yang bersumber dari asupan zat yang dikandungnya yang patut untuk kita ketahui. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai pengertian, sumber dan fungsi lemak di dalam tubuh.
Pengertian, Sumber dan Fungsi Lemak

Pengertian Lemak

Pengertian lemak yaitu merupakan suatu molekul zat yang didalamnya berisi berbagai kandungan yang penting bagi tubuh, seperti oksigen, hidrogen, karbon, bahkan sampai nitrogen dan juga fosforus. Di dalam lemak juga terdapat asupan vitamin A, yang vitamin ini tidak akan dapat diserap oleh tubuh kita tanpa adanya bantuan dari lemak.

Zat yang memiliki kandungan energi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis nutrisi lainnya ini juga dapat didefinisikan sebagai zat organik hidrofobik dengan sifat yang sulit larut di dalam air, namun dapat larut dalam kloroformeter dan benzen.  Lemak mengandung 9 kalori tiap gramnya dengan komposisi unsur pembentuk yang terbagi menjadi 3 golongan, yaitu lemak sederhana, lemak campuran dan lemak asli.

Sumber Lemak

Di dalam aktivitas kesehariannya, kebutuhan asupan lemak bagi tubuh setiap manusia berbeda-beda disesuaikan dengan usia dan berat badan yang dimilikinya. Akan tetapi, kebutuhan lemak harian pada manusia dalam keadaan normal rata-rata adalah sejumlah 0,5-1 gram tiap satu kilogram berat tubuhnya.

Sebagai salah satu sumber energi dalam tubuh, lemak bisa didapatkan melalui dua sumber, yaitu melalui sumber lemak nabati dan hewani. Sumber lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti alpukat, kacang kenari, tumbuhan laut, minyak kelapa, kacang kedelai, kemiri, zaitun, kacang tanah dan mentega, sedangkan sumber hewaninya berasal dari hewan yang dapat berupa daging, susu, telur, keju dan ikan laut segar.

Sumber Lemak Yang Baik Bagi Tubuh

Ada beberapa sumber lemak yang paling baik untuk dikonsumsi tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelapa dan minyak kelapa murni

Kelapa sebagai salah satu sumber lemak terbaik mengandung beragam vitamin seperti vitamin K, E dan zat besi. Sedangkan minyak kelapa bermanfaat sebagai antibakterial dengan kandungan vitamin K dan E yang kaya akan zat besi serta berperan aktif membantu manajemen berat tubuh seseorang.

Mentega shea

Mentega jenis ini berasal dari tanaman bernama shea (Vitellaria paradoxa) yang tumbuh subur di dataran Afrika. Biji buahnya diekstrak kemudian minyaknya diambil dan diolah menjadi produk mentega yang kaya akan kandungan vitamin A dan E yang berguna sebagai antioksidan dalam tubuh.

Buah alpukat

Sebagai buah berkandungan lemak tinggi, alpukat memiliki daging buah yang rasanya gurih, dan kaya akan asupan lemak baik (HDL). Lutein yang terdapat pada daging buahnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan bola mata, sedangkan klorofilnya berfungsi sebagai antioksidan yang baik.

Minyak biji anggur

Minyak yang dihasilkan melalui proses ekstraksi biji anggur ini dipercaya mampu menurunkan dan mengeluarkan kadar kolesterol bersifat jahat yang tersimpan dalam tubuh kita.

Minyak Salvia

Minyak yang berasal dari hasil proses pengekstraksian tumbuhan salvia  dari tanah Meksiko dan Amerika Selatan ini dapat diolah menjadi minyak astiri yang kaya akan  omega 3.

Asam lemak omega-3

Asam lemak yang berasal tumbuhan laut berjenis alga, krill, dan minyak kacang ini berfungsi meningkatkan kolesterol baik (HDL) dengan cara mengurangi kadar kolesterol lemak jahat (LDL) serta mengurangi radang dan risiko jantung koroner, kanker juga diabetes tipe 2.

Minyak Camalina

Sumber lemak ini terdapat pada brokoli dan kol. Minyak hasil olahannya  kaya akan vitamin E,  lemak baik dan omega 3.

Ikan laut (Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna)

Jenis-jenis ikan tersebut bermanfaat mengurangi kardiovaskular, membantu proses pertumbuhan dan meningkatkan fungsi kinerja otak.

EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic)

Asam-asam yang terkandung dalam minyak ikan tersebut bisa menurunkan resiko irama jantung abnormal penyebab sakit jantung dan kematian mendadak.

Kacang-kacangan atau polong-polongan

Kacang-kacangan seperti kenari dan macadamia merupakan sumber lemak baik yang berperan penting untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke jika dikonsumsi secara rutin.

Fungsi Lemak Bagi Manusia

Lemak mempunyai fungsi yang luar biasa hebat bagi tubuh manusia. Macam-macam fungsi lemak tersebut adalah sebagai berikut :

  • Lemak berfungsi  melindungi tubuh dari serangan perubahan suhu lingkungan, terutama ketika suhu rendah
  • Lemak berfungsi sebagai pelarut beberapa macam vitamin seperti vitamin A, D, E dan K
  • Lemak memiliki fungsi sebagai salah satu pemasok sumber energi yang besar bagi tubuh kita
  • Lemak sebagai sarana pengangkut vitamin yang tidak dapat larut di dalam lemak itu sendiri
  • Lemak berfungsi untuk melindungi berbagai organ vital manusia seperti jantung serta lambung
  • Fungsi lemak di dalam tubuh adalah sebagai media penahan rasa lapar dalam perut
  • Sebagai sumber utama penyokong pembentukan energi, lemak memiliki fungsi untuk menghemat zat protein yang diperlukan oleh tubuh
  • Lemak berguna sebagai pelumas pada saluran pencernaan yang membantu mengeluarkan zat sisa makanan yang tersimpan di dalam usus manusia
  • Lemak berperan serta ikut menyusun membran sel pada tubuh kita
  • Lemak berguna sebagai material yang menyokong penyusunan hormon, vitamin, empedu, hormone seks, serta asam kholat tubuh kita.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian, sumber dan fungsi lemak di dalam tubuh. Lemak yang molekulnya terdiri dari empat bagian berupa tiga molekul asam lemak dan satu molekul gliserol ini memiliki sejuta kelebihan dengan beragam fungsi yang sangat berguna untuk tubuh kita. Mari penuhi kebutuhan lemak harian tubuhmu agar asupan manfaatnya dapat Anda rasakan setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Sumber dan Fungsi Lemak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel